Friday, February 1, 2013

The Help (9/10)

"What does it feel like to raise a white child when you're own child's at home being looked after by somebody else?" -Eugenia Skeeter.


Di awal tahun 1960, Amerika sedang mengalami sebuah kesenjangan sosial antara orang berkulit putih dan orang-orang berwarna. Berlatar di Jackson, Mississipi, film ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan orang-orang berwarna yang menjadi pembantu rumah tangga bagi orang-orang berkulit putih. Kala itu, diskriminasi sangat kental sekali sehingga orang berwarna selalu dianggap lebih rendah daripada orang kulit putih.

Film ini memunculkan Emma Stone yang berperan sebagai seorang wanita yang bebas, single, dan ingin mendapatkan pekerjaan sebagai seorang jurnalis, berbeda dengan teman-temannya yang menikah dengan orang kaya, dan kemudian menjadi ibu rumah tangga. Melihat kesenjangan yang begitu besar, dimana teman-temannya memperlakukan para pembantunya dengan sangat mengesalkan, akhirnya Skeeter (Emma) memutuskan untuk menulis sebuah buku tentang kehidupan orang berwarna.


Salah satu teman Skeeter yang bernama Hilly (diperankan oleh Brice Dallas Howard) memperlakukan pembantunya dengan sangat perhitungan. Dia bahkan tega mencoret kertas tisu di toiletnya dengan pensil supaya pembantunya, Minny, tidak dapat memakainya. Bahkan pada akhirnya, ia membuat toilet terpisah di luar rumah supaya pembantunya tidak menggunakan toilet dalam rumah. Katanya, orang berwarna membawa penyakit bagi mereka

Tapi yang lucunya di sini, meskipun ada diskriminasi yang kental, dimana wanita-wanita kaya berkulit putih itu anti dengan pembantunya, bahwa pembantunya itu kotor, namun mereka tetap membiarkan pembantunya merawat anaknya. Menggendong, memeluk, bahkan mencium

     
Pada awalnya, baik Aibee maupun Minny, tidak setuju untuk berkontribusi pada pekerjaan Skeeter. Namun karena mereka sudah tidak tahan akan perlakuan majikannya yang semena-mena, dan dengan syarat bahwa nama mereka disamarkan, akhirnya mereka curhat tentang apa saja yang sudah dialami mereka selama ini. 


Selain jalan ceritanya yang bagus, akting dari para artisnya juga gak kalah bagus. Recommended, gan! Dijamin yang nonton bakal kesel, sedih, ketawa, terharu, bahkan nangis. :))) 

 
Jessica Chiu.
 

No comments:

Post a Comment