Saturday, May 4, 2013

Stop Child Trafficking

Di mata kuliah Penulisan PR, gue mendapat tugas untuk membuat poster dari dosen. Adapun tema untuk poster itu sendiri bebas. Kita hanya diminta untuk sekreatif mungkin. Well, ini dia hasil poster gue. :)))


Tema yang gue angkat adalah Child Trafficking. Kalau ditanya apa alasan gue milih topik ini, gue sendiri juga bingung sih. Awalnya gue mau coba topik no smoking dengan ilustrasi orang tua yang sedang merokok dan diikuti oleh anaknya yang juga merokok. Tapi apa daya, gue gak sanggup bikin gambarnya. Jadinya tema ini tiba-tiba terlintas di kepala gue. Setelah browsing dan mencari sejumlah gambar anak yang sedih, akhirnya dengan bantuan photoshop dan illustrator, poster yang hanya menggunakan tiga warna ini pun jadi.

Setelah melihat poster ini, apakah pesan yang ingin gue sampaikan ini ngena dan langsung bisa ditangkap? :D Apa yang kalian pikirkan setelah melihat gambar dengan warna nyolok ini?

Gue cukup senang dengan tema yang gue angkat. Perdagangan manusia, khususnya perdagangan anak merupakan hal yang sungguh tidak berperikemanusiaan. Anak-anak yang telah dilahirkan tentu saja mempunyai hak untuk hidup, bertumbuh, bermain, berkumpul bersama orang-orang tercinta. Mending kalau anak-anak itu dijual kepada keluarga yang harmonis dan akan mencintai mereka. Gimana kalo ternyata mereka malah dijadikan alat untuk mencari keuntungan, misalnya dengan ngamen, melakukan pekerjaan kasar, diperbudak, atau bahkan diambil organ tubuhnya? 

Kepada orang tua sekalian, apakah Anda ingin ini terjadi kepada anak Anda? Modus pencurian anak pada saat ini udah banyak banget dan dalam berbagai cara. Jangan sampai hanya karena kurang perhatian, maupun perlakuan yang dinilai tidak adil, anak Anda dapat terjerumus dalam dunia perdagangan anak. Stop Child Trafficking Now!



Jessica Chiu.

2 comments: